PERKEMBANGAN MUSIK ARAB

1. PERKEMBANGAN  MUSIK ARAB

                     musik arab diyakini telah berkembang sejak abad 3 m, budaya musiknya merupakan perpaduan dari tradisi musik dinasti sassanid  di persia (224-641), tradisi musik byzanttinum (awal abad 4-6 m) nyayian religi dari daerah semenanjung arab. puncak kejayaan pada masa pemerintahan HARUN AL RASYIS (766-809) di bagdad, irak. beliau dikenal sebagai pelindung seni musik tradisi arab. ahli teori musik yang terkenal adalah AL FARABI dan AVICENNA.



2. RAGAM MUSIK

 A. NYAYIAN RELIGI, DIAMBIL DARI AL QUR'AN, berbentuk kasidah. dalam hal ini , nyayian tersebut merupakan isi dari firman ALLAH yang dilantunkan dengan hafaalan. sehingga perhatian utama dalam nyayian tersebut adalah teks lagu,


B. MUSIK RAKYAT, musik tradisi rakyat ini banyak ditemui sepanjang daerah arab, kaya akan permainan drum perkusi, dan nada pentatonik. musik negara negara jazirah arab yang kaya dengan permainan drum. menunjukkan hubungannya yang luas dengan pedagand di afrika.


C. MUSIK POPULER,  yaitu perpaduan dari musik religi , dan musik rakyat ditambah iringan keyboard selektrik yang khas . keyboard elektrik  yang disesuaikan dengan maqamat mengiringi para penyanyi dalam penampilanya,.


3. SISTEM NADA


                musik arb memiliki ciri khas yang berbeda dari musik lainnya, musiknya yang kaya  akan melodi sehingga memberi nuansa yang khas dan kesempatan membuat berbagi variasi.  cara mengolah musiknya  sering memakai variasi dan improvisasi dengan dasar melodi sebelumya. cara ini disebut maqamat. melodi lagu terdiri dari jumlah variasi melodi (sekittar 52 variasi)

                struktur pola ritme musik arab cukup kompleks , tidak berdasarkan pola birama yang pasti dan konstan  seperti musik barat (2/4, 3/4, 6/8) atau di sebut nonmetris.


4. INSTRUMEN MUSIK ARAB

              

              

1. kecapi eropa

2. flute arab

3, perkusi

4.  rebab , biola eropa, sitar

5. mizmar

6. mijwij

7. santur, sejenis sitar


5. alat alat musik arab




   berikut adalah lagu tradisional arab:




 nah ini merupakan beberapa perkembangan musik di arab


Komentar

Postingan Populer